• PRESS RELEASE PERLEBAHAN DESA KARANG BAYAN


    Program Kerja "Budidaya Lebah Madu" dari divisi Pengembangan Sumber Daya Alam (PSDA) Himasylva PC-Unram yang dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2018 di Desa Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Mitra pada kegiatan ini adalah Bapak Suadi di Desa Bonto Lojong selaku pengelola budidaya lebah madu dan sekaligus pemateri pada kegiatan ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Karang Bayna ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan softskill mengenai perlebahan. Adapun topik - topik pelajaran yang diajarkan meliputi :
    1. Jenis - Jenis dan ciri - ciri lebah yang terdapat di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Pulau Lombok
    2. Cara Pembentukan Koloni
    3. Jenis - jenis stup beserta kelebihan dan kelemahan masing - masing stup
    4. Cara pembuatan stup
    5. Cara Pemanenan 
    6. Teknik pemeliharaan lokasi budidaya lebah dan cara mengusir hama
    7. Produk - produk yang dihasilkan
    Ada 2 jenis lebah yang dibudidayakan, yaitu jenis Apis Trigona (Propolis) dan  Apis Cerana. Pada kegiatan ini lebih memfokuskan pada lebah Apis Trigona. Jenis lebah Apis Trigona  lebih gampang dibudidayakan dibandingkan dengan jenis lebah lainnya. Apis Trigona bukan hanya menghasilkan madu sebagai produk, tetapi ada juga propolis dan Bee Polen. Selain itu, Bapak Suadi juga membuat produk sendiri berupa Juice Polen dan Polen dalam bentuk kapsul. Dalam kegiatan ini, terjadi dialog dan tanya jawab interaktif seputar perlebahan. Hal ini menunjukkan antusiasme para mahasiswa untuk mengetahui mengenai perlebahan. Harapannya, Bapak Suadi menginginkan agar ada mahasiswa kehutanan UNRAM yang meneliti tentang perlebahan, karena masih sedikit mahasiswa yang tertarik penelitian seputar perlebahan.

    Bapak Suadi mempratekkan pembuatan Juice Pollen Apis Trigona


    Apis Cerana

    Pembuatan Stup Apis Trigona

                                              Penjelasan materi dirumah Bapak Suadi


    Penjelasan mengenai Lebah Apis Cerana

    Pemanenan madu dan polen Apis Trigona


    #himasylvapcunram 
    #himasylvamenginspirasi
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Melalui hasil dari keputusan dari CO Media HIMASYLVA 2018, maka blogger HIMASYLVA kembali hadir, blog ini berguna untuk sharing kegiatan internal Program Studi Kehutanan.

WEBINAR NASIONAL " Menakar Food Estate Sebagai Jalan Mengatasi Krisis Pangan Massa Depan"

Narasumber : - Muhammad Saifulloh (Kementrian koordinator bidang perekonomian republik Indonesia) - Audi Gunawan (IBEMPI)(Ma...

Facebook  Instagram